Sabtu, 12 April 2014

Teruntuk Almamater




Salam semangat penuh cinta untuk seluruh mahasiswa terutama mahasiswa kesehatan masyarakat di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 

Untuk rekan-rekan dan adik-adik satu almamater Kesmas UAD, almamater orange yang akan menjadi kebanggaan kita. Karena, kalau bukan kita yang bangga, siapa lagi …

Sebentar lagi ujian. Sebuah rutinitas agenda akademik untuk mengukur bagaimana hasil belajar selama kita kuliah. Kenapa hasil belajar? Dan kenapa selama kita kuliah. 

Sejatinya, pekerjaan utama kita Mahasiswa sekarang adalah belajar, satu hal (belajar) yang sering dilupakan karena bisa jadi tujuan kita kuliah belum kuat. Apa itu kesmas? Apa untungnya belajar kesmas? Dan apa hubungannya kesmas untuk negri? Dan kenapa kita harus benar-benar menguasai apa itu ilmu kesmas sehingga bisa “bekerja” dalam kondisi layak suatu saat nanti. Maka bisa jadi PR untuk kita sekarang, sebelum semua terlambat, sebelum semua terlewat. 

Pernyataan kedua, kenapa hasil belajar selama kuliah? Maka perlu kita sadari bahwa ilmu dari semester satu sampai selanjutnya akan selalu bersinambung. Satu kesatuan tiap mata kuliah yang akan dipelajari tahap demi tahap akan menjadikan satu ilmu kesmas yang utuh. Sedari dulu itu rumus cross sectional, kohort, case control saat di berikan di semester 2 atau sebelumnya, akan sama di semester 6, bahkan 7 bahkan seterusnya. Analisis SWOT dalam sebuah organisasi, prinsip-prinsip untuk mengetahui posisi organisasi akan selalu sama. Ya, setiap waktu sebenarnya kita memiliki konsekuensi untuk semakin mendalaminya. 

Rekan-rekan dan adik-adik satu almamater Kesmas UAD 

Tahun 2015 adalah tahun pembuktian bahwa Indonesia harus mampu memiliki SDM yang ber-kapasitas. Termasuk seluruh tenaga kesehatan, tidak terkecuali tenaga kesehatan masyarakat yang harus mampu menguasai kompetensi untuk melakukan pelayanan kesehatan. Aku, kamu, dan kita semua. WTO (World Trade Organization) adalah sebuah perjanjian tata-perdagangan barang, jasa dan trade related intellectual property rights (TRIPS) atau hak atas kepemilikan intelektual yang terkait dengan perdagangan. Indonesia ikut perjanjian itu semenjak tahun 1995. Tahun 2015, tenaga kesehatan masyarakat dari manca negara akan masuk ke Indonesia, begitu sebaliknya. Maka hal yang perlu direnungi, sudahkah kita siap? 

Ujian Tengah Semester akan segera dimulai. Maka harapannya, UTS ini menjadi langkah kecil untuk mengukur kemampuan kita, serta tingkat kepahaman kita. Kalau kita lemah, tentu dunia akan memperdaya kita. Kalau kita berbuat buruk saat ujian, misal mencontek, sesungguhnya itu perbuatan menciderai diri kita sendiri.

 Untuk menghadapi hari esok yang lebih baik, pastinya kita mempersiapkan hari ini dengan cara yang baik, dan usaha terbaik. 

Selamat belajar,
Jaga semangat dan kesehatan, 

Keep Fight & Learn ...

Salam kontribusi tiada henti untuk Negri
-ISMKMI-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar