Jumat, 14 Desember 2012

Bebas (tapi) amanah


gambar-lucu.com

Aku tak begitu paham kapan ketika aku mulai merasakan bebas nilai. Bebas nilai yang aku definisikan dari dibolehkannya segala hal yang aku lakukan. Sering tak pernah ada melarangku memilih ini dan memilih itu. Juga melakukan ini dan melakukan itu. Semua bebas, ya aku bebas melakukan hal apa saja yang aku anggap ini penting buatku khususnya. Termasuk orang tua yang yang tidak melarangku untuk menjadikan rumah hanya sebagai tempat rehat sejenak melepas lelah setelah dari pagi-malam melalang buana berjalan ditengah hiruk pikuk dunia.

Aku pun bebas ketika aku memilih sebuah fakultas tempat sekarang aku kuliah. Aku bebas ketika harus meninggalkan segala pekerjaan dirumah dengan berdalih ini untuk kuliah dan dakwah. Aku bebas pergi dengan tak tidur dirumah selama beberapa hari untuk urusan ini dan itu. Aku bebas menggunakan segala fasilitas rumah untuk kadang keegoisan diri.

Bebas telah mengkontaminasiku tak terampunkan. Bebas membuatku lebih menuntut berpikir mendalam. Bebas terfinisikan sebuah dakwah bagiku. Bebas yang mengandung konsekuensi logis terhadap sebuah petanggungjawaban. Bebas yang aku rasakan begitu menuntut sebuah bukti tak sekedar janji. Bebas!

Bebas nilai yang aku pikul hari ini adalah bagaimana membuktikan aku bisa hidup dengan nilai-nilai yang syar`i. Nilai yang membuktikan bahwa dakwah adalah sebaik-baik jalan untuk mengarungi hiruk pikuk dunia ini. Hiruk pikuk ketika sebuah “globalisasi” yang selalu digembor-gemborkan mata kuliah sosiologi menjadi suasana kehidupan terkini. Menuntut bagi siapa yang ingin hidup dikerasnya kehidupan ini, maka keraslah terhadap diri sendiri. Keras untuk menegakkan aturan dan pedoman syar`I yang telah ada. Hingga akhirnya diri ini benar-benar terkontaminasi dengan sebuah kebaikan hingga berujung sebagai bagian dari sebuah peradaban kejayaan Iman.

Terimakasih kedua orang tuaku yang membebaskanku melakukan apa saja. Semoga kesabaran penantian anakmu ini untuk membuktikan jalan yang anakmu pilih adalah sebaik-baik
jalan kehidupan mendapatkan pahala sesuai apa yang dilakukan anakmu ini. []




Tidak ada komentar:

Posting Komentar